Jum. Jun 14th, 2024

Kitab Fiqih Sunnah yang ditulis oleh Sayyid Sabiq merupakan salah satu kitab yang digandrungi oleh ummat Islam. Kitab fiqih ini memuat sekitar tiga ribu hadis dan ditulis selama kurang lebih 20 tahun. Karenanya, buku ini mendapat pengakuan dari seluruh ulama dunia sebagai kitab fikih terbaik di zaman modern ini.

Dalam buku terjemahanya, kitab fiqih sunah ini terdiri dari beberapa jilid 1 – 5, yaitu :

Jilid 1 buku ini mengupas masalah thaharah dan macamnya, shalat wajib dan sunnah, dan sebagian masalah zakat.

Jilid 2 membahas masalah zakat, puasa, jenazah dan hal-hal yang berkaitan dengannya, haji, dan pernikahan.

Jilid 3 membahas hikmah poligami, tentang perkawinan (wali dan kedudukannya, hak dan kewajiban suami-istri, nafkah, akad nikah, walimah, dan sebagainya), serta berbagai hal yang berkaitan dengan hukuman.

Jilid 4 mengupas mulai dari jihad, perang, jizyah, ghanimah, kafarat sumpah, hukum jual-beli, riba, pinjaman, gadai, mudharabah, utang, dan sebagainya.

Buku “Fikih Sunnah” ini mengupas masalah-masalah fiqih Islam berdasarkan dalil-dalil yang bersumber dari Al-Qur`an, sunnah yang sahih, dan ijma’ ulama kaum muslimin.

Untuk itu pada 1994, berkat buku ini Sayyid Sabiq memperoleh penghargaan King Faisal Prize dalam bidang kajian Islam.

Banyak ulama memuji buku ini. Menurut sebagian besar mereka, buku ini dinilai telah memenuhi hajat perpustakaan Islam akan fikih sunah yang dikaitkan dengan mazhab fikih. Karena itu, mayoritas kalangan intelektual yang belum memiliki komitmen pada mazhab tertentu atau fanatik terhadapnya begitu antusias untuk membacanya. Hal itu, tak lain karena sebagai buku rujukan, buku ini sangat memudahkan mereka untuk merujuknya setiap mengalami kebuntuan dalam beberapa permasalahan fikih.

DOWNLOAD TERJEMAHAN KITAB FIQHU SUNNAH : JILID 1 ; JILID 2 ; JILID 3 ; JILID 4 ; JILID 5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X