Jum. Jun 14th, 2024
Download
Download is available until [expire_date]
  • Version
  • Download 640
  • File Size 0.00 KB
  • File Count 1
  • Create Date Juni 10, 2022
  • Last Updated Juni 10, 2022

Terjemah Fiqih Islam Wa Adillatuhu

Al Fiqhul Islami wa Adillatuhu salah satu karya popular Asy Syaikh Dr. Wahbah Az Zuhaili. Kitab ini merupakan kitab fiqh yang disusun dari pemikiran ulama klasik dari berbagai mazhab; baik Imam Syafii, Imam Maliki, Imam Hambali, Imam Hanafi, yang merupakan representasi dari ulama fiqh empat mazhab (madzahib al-arba’ah), maupun ulama terkenal lain di kalangan Sunni, serta ulama-ulama seperti Imam Ja’far, yang banyak dirujuk kalangan Syi’ah. Kitab tersebut menarik, karena selain membahas tema-tema yang dikaji dalam fiqh klasik seperti Ibadah, Muamalah, dan Jinayah, juga membahas berbagai tema sosial-politik dan ekonomi kontemporer, seperti isu bunga bank dan asuransi.

Berbagai tema seputar isu relasi lelaki dan perempuan juga banyak dibahas dalam kitab tersebut. Tema terkait isu publik misalnya, membincangkan kepemimpinan perempuan, perempuan sebagai pelaku ekonomi atau transaksi keuangan, dan lainnya. Sedang di ranah privat, isu hukum keluarga atau munakahat, jadi bahasan menarik dari kitab yang berjumlah 10 jilid ini. Bahkan, berbeda dengan kitab-kitab fiqh lainnya, Syaikh Wahbah berikhtiar memasukkan hukum keluarga Syiria dalam bahasannya. Barangkali, ia ingin menunjukkan interpretasinya atas jargon “Al-Islamu shalihun likulli makanin wa zamaanin” (Islam itu benar di setiap ruang dan waktu), karena adanya kontekstualisasi pemaknaan atas berbagai teks-teks klasik.

Sebagaimana karya ulama dan pemikir klasik Islam Ibnu Rusyd dengan Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid-nya, Syaikh Wahbah juga menunjukkan apresiasinya atas keragaman pemikiran di kalangan ulama Islam. Pencantuman pandangan ulama dari beragam mazhab, baik Sunni juga Syi’ah menunjukkan, Syaikh Wahbah memiliki pemikiran yang sangat terbuka. Keterbukaannya menuntun kita jadi pribadi yang ber-tafaqquh fi al-dien (benar-benar memahami agama), ketika membaca karyanya. Kita juga diajaknya, jadi pribadi yang tidak gampang menghakimi orang lain karena ekspresi peribadatan yang berbeda.

Disini kami menyediakan kitab Terjemah Fiqih Islam Wa Adillatuhu. Silahkan download link dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

X